Tentang Linata

PT Lintas Adhi Wisata, yang dikenal sebagai Linata, merupakan biro perjalanan wisata yang menyediakan berbagai layanan reservasi perjalanan dan wisata. Aktif sejak tahun 2006, Linata telah mengelola lebih dari 8.200 agen B2B, yang dikenal sebagai Mitra Linata.

Didukung oleh sistem reservasi yang andal dan memadai, Linata menyediakan akses ke beragam produk perjalanan termasuk tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel, sehingga Mitra bisa dengan mudah bertransaksi di mana saja, kapan saja, dan dari mana saja. Selain itu, Linata juga terlibat langsung dalam penyediaan jasa reservasi perjalanan untuk para pelanggan B2C.

Saat ini, Linata tergabung dalam Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia atau Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA). Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun, Linata berkomitmen untuk memberi kontribusi dan memberdayakan UMKM di bidang pariwisata, serta meningkatkan daya saing global.

Riwayat Singkat Perusahaan

Cikal bakal Linata dimulai sejak pendiri perusahaan memulai usaha di bidang jasa pelayanan perjalanan wisata dengan menjadi penerima waralaba (franchisee) dari salah satu perusahaan biro perjalanan wisata pada tahun 2006.

Sejak tahun 2010, perusahaan berhenti menjadi penerima waralaba dan memutuskan untuk berdiri sendiri, serta mengubah status perusahaan menjadi perseroan terbatas atas nama PT Lintas Adhi Wisata, dengan nama brand Linata.

Dalam perkembangannya, Linata tidak hanya melayani reservasi perjalanan untuk pelanggan B2C saja. Pada tahun 2013, Linata mulai melihat peluang untuk mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan model B2B (Business-to-Business), yang dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Awalnya, kegiatan reservasi B2B masih dilakukan secara manual. 

Seiring meningkatnya jumlah Mitra dan perkembangan teknologi informasi, maka pada tahun 2014, perusahaan mengembangkan sebuah sistem reservasi untuk mewujudkan otomatisasi reservasi. Sampai saat ini, sistem reservasi senantiasa diperbarui untuk mendukung kelancaran dan memberi kemudahan dalam implementasi kegiatan operasional  Mitra.

Hingga saat ini, lebih dari 8.200 Mitra dari berbagai kalangan, yang tersebar di seluruh Indonesia, telah menerima manfaat dari sistem reservasi Linata, termasuk UMKM, perusahaan skala besar, hingga instansi pemerintahan.

Tujuan Perusahaan

Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun, Linata berkomitmen untuk membangun hubungan jangka panjang yang didasari atas kepercayaan, baik dengan pelanggan maupun Mitra. Linata juga berkomitmen untuk menyediakan layanan terbaik tanpa henti bagi para Mitra, sehingga dapat saling memberi keuntungan.

Linata tidak hanya berorientasi pada profit saja, tetapi juga memiliki tujuan untuk memberi kontribusi dan manfaat positif bagi masyarakat. Linata membuka peluang usaha dan menciptakan kesempatan kerja bagi individu atau kelompok yang memiliki ketertarikan pada usaha jasa reservasi perjalanan.

Untuk membantu masyarakat dalam merintis usaha, Linata tidak memungut biaya apapun, baik biaya registrasi, biaya langganan, maupun biaya lainnya. Kerja sama yang ditawarkan oleh Linata  didasari oleh semangat saling membantu dan saling percaya. Oleh karena itu, Linata tidak mewajibkan Mitra untuk menyimpan deposit pada sistem reservasi Linata. Kebijakan ini tepat sasaran bagi perintis usaha yang tidak memiliki modal awal. 

Prinsip utama Linata dalam menjalankan bisnis mengutamakan kesejahteraan Mitra dengan menetapkan bagi hasil (sharing fee) yang memberi banyak keuntungan bagi Mitra.

Penghargaan

Dengan semangat, kemajuan, dan inovasi yang tiada henti, Linata menjadi semakin berkembang hingga menerima beberapa penghargaan yang diberikan oleh berbagai maskapai.

Scroll to Top